Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Jum'at, 25 April 2014
banner3
epetani
cyber-ex
Serba-Serbi MKRPL
Uji Mesin
katam

BPTP Kalteng Online

Facebook Image

Poling Website

Bagaimanakah pendapat Anda mengenai website ini?
 
Home >> Publikasi >> Artikel >> Penyusunan Sistem Database Plasma Nutfah Tanaman H...
Penyusunan Sistem Database Plasma Nutfah Tanaman Hias dan Tanaman Obat Kalimantan Tengah Menggunakan Microsoft Access PDF Cetak E-mail
Oleh Andy Bhermana dan Ronny Yuniar Galingging   
Senin, 02 Mei 2011 22:58
Keanekaragaman tumbuhan yang dimiliki Indonesia menduduki peringkat lima besar dunia yaitu memiliki lebih dari 38.000 jenis tumbuhan. Tak terkecuali plasma nutfah baik tanaman hias dan tanaman obat. Diperkirakan beribu-ribu jenis tanaman masih belum ditemukan dan dibudidayakan. Jenis-jenis tanaman yang belum ditemukan tersebut dapat dikelompokkan ke dalam jenis yang baru (species nova), catatan baru (new record), dan lokasi baru (new spot).

Salah satu upaya untuk mendapatkan data dan informasi mengenai keberadaan plasma nutfah adalah dengan melaksanakan kegiatan survey ekloprasi untuk menginventarisasi dan karakteristik jenis-jenis tanaman yang ditemukan. Data dan informasi penting yang diperoleh dari lapangan perlu dijaga, disimpan ke dalam suatu wadah/media yang aman.

Data ini perlu dikelola melalui proses kompilasi data untuk selanjutnya disusun ke dalam suatu sistem database sebagai bank data untuk sumber informasi yang berguna untuk tujuan penggunaan saat ini dan masa mendatang yang dapat selalu diperbaharui (update).

Sistem database (pangkalan data) merupakan kumpulan data dan informasi yang tersusun secara sistematis melalui proses komputerisasi. Proses kompilasi, penghimpunan dan pengelolaan data dengan banyak faktor merupakan pekerjaan yang sangat rumit.

Dalam beberapa hal proses tersebut masih dapat dilaksanakan secara manual namun sampai tahap tertentu terkadang penanganan secara manual sudah tidak relevan lagi karena lambat, tidak konsisten, dan tidak akurat. Aplikasi teknologi informasi yaitu komputer menjadi suatu kebutuhan yang penting dalam pengelolaan data. Terdapat beberapa perangkat lunak biasa digunakan dalam pengelolaan database seperti FoxPro, dBIII, MySQL, Microsoft Access, dan lain-lain.

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalimantan Tengah telah menyusun sistem database plasma nutfah yang memuat data dan informasi penting beragam jenis dan karakteristik tanaman obat dan tanaman hias yang terdapat di wilayah Kalimantan Tengah.

Materi koleksi yang diperoleh dari berbagai pelosok wilayah Kalimantan Tengah dilengkapi dengan data paspor untuk selanjutnya dikarakteristik baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Standar karakterisasi tanaman obat mengacu pada descriptor list atau pedoman dari Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat, Bogor sedangkan untuk tanaman hias menggunakan buku panduan karakterisasi tanaman anggrek dari Komisi Plasma Nutfah Nasional.

Oleh: Andy Bhermana dan Ronny Yuniar Galingging (Dimuat dalam Sinar Tani, April 2011)
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com