Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Sabtu, 26 Juli 2014
katam
banner3
cyber-ex
banner4
Serba-Serbi MKRPL
Uji Mesin
epetani

BPTP Kalteng Online

Link Website

Home >> Berita >> Berita PUAP >> Verifikasi Rencana Usaha Bersama (RUB) Gapoktan PU...
Verifikasi Rencana Usaha Bersama (RUB) Gapoktan PUAP 2011 PDF Cetak E-mail
Berita - Berita PUAP
Jumat, 27 Mei 2011 07:00

Pelaksanaan Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) tahun 2011 di arahkan pada pengembangan usaha produktif petani dalam mendukung 4 (empat) sukses Kementerian Pertanian yaitu; 1) swasembada dan swasembada berkelanjutan, 2) diversifikasi pangan, 3) nilai tambah, daya saing dan ekspor, 4) peningkatan kesejahteraan petani. Strategi dasar dilakukan melalui pemberdayaan masyarakat, optimalisasi potensi agribisnis, fasilitasi modal usaha petani kecil, penguatan dan pemberdayaan kelembagaan. Agar pelaksanaan PUAP mencapai sasaran yang diharapkan dan sesuai dengan ketentuan pengelolaan keuangan Negara maka penyaluran dana PUAP harus dilakukan melalui tahapan yang sudah ditetapkan, salah satu tahapan penting yang perlu dilakukan adalah verifikasi Rencana Usaha Bersama (RUB) yang merupakan dokumen pengajuan penyaluran dana BLM-PUAP. Untuk itu kemarin (25-26 Mei 2011) BPTP Kalteng selaku sekretaris Tim Pembina PUAP Propinsi Kalimantan Tengah melaksanakan verifikasi Rencana Usaha Bersama (RUB) GAPOKTAN PUAP 2011.

Acara yang dilaksanakan di ruang rapat BPTP Kalimantan Tengah ini dihadiri oleh 24 orang Penyelia Mitra Tani (PMT) dari seluruh Kabupaten di Kalimantan Tengah. Dalam proses verifikasi ini tim verifikasi melakukan pengecekan terhadap RUB dan dokumen administrasi/pendukung lainnya berupa : 1) Kesesuaian nomor dan nomenklatur dokumen, perjanjian kerjasama, surat perintah kerja, berita acara, pakta integritas, kuitansi, fotocopy KTP Pengurus GAPOKTAN dan buku tabungan GAPOKTAN. 2) Memastikan bahwa penjumlahan dana dokumen RUB dan dana BLM-PUAP tidak melebihi Rp 100.000.000,00. 3) Kebenaran data-data yang diinput oleh PMT dan Tim teknis Kabupaten/Kota dalam CD File SPP-LS meliputi Nomor urut sesuai SK Menteri Pertanian tentang penetapan desa dan GAPOKTAN, nama Desa, kecamatan, nama Bank/cabang/unit, nomor rekening dan jumlah rupiah.

Dalam proses verifikasi ini jika ada RUB dan dokumen administrasi pendukung dari GAPOKTAN yang belum memenuhi syarat maka dokumen tersebut dikembalikan pada tim teknis Kabupaten/Kota untuk diperbaiki dan dilengkapi bersama-sama dengan PMT.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com