Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Jum'at, 1 Agustus 2014
katam
banner3
cyber-ex
banner4
Serba-Serbi MKRPL
Uji Mesin
epetani

BPTP Kalteng Online

Link Website

Home >> Berita >> Info Aktual >> Workshop Pembukaan Lahan Tanpa Bakar (PLTB) denga...
Workshop Pembukaan Lahan Tanpa Bakar (PLTB) dengan Traktor Mulcher di Kalimantan Tengah PDF Cetak E-mail
Berita - Info Aktual
Kamis, 06 Mei 2010 10:12

Kebakaran lahan, masih menjadi permasalahan di negeri ini. Pada musim kemarau, terjadi peningkatan hot spot yang menunjukkan potensi kebakaran lahan. Selain itu perubahan iklim yang sangat ekstrim menyebabkan kekeringan yang berkepanjangan (tahun 2006 di Kalimantan suhu tertinggi tercatat 39°C). Hal ini di perparah dengan pembukaan lahan untuk keperluan budidaya pertanian.

Pada tanggal 3-4 Mei 2010, di Palangka Raya diselenggarakan kegiatan Workshop Pembukaan Lahan Tanpa Bakar dengan Traktor Mulcher di Hotel Batu Suli, Palangka Raya oleh Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Tengah. BPTP Kalimantan Tengah termasuk salah satu undangan dalam kegiatan tersebut.

Pada acara ini disampaikan materi Pembukaan Lahan Tanpa Bakar Sebagai Upaya Pencegahan Kebakaran Lahan dan Kebun oleh Ditjenbun, Pengelolaan dan Pemanfaatan Pembukaan Lahan Tanpa Bakar oleh Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Tengah. Juga disampaikan Kebijakan Pemerintah Kalimantan Tengah terkait Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan serta Pengelolaan dan Pemanfaatan Traktor Mulcher.

Kebakaran lahan membawa akibat buruk tidak hanya bagi lingkungan dan kesehatan, tapi juga ekonomi sosial bahkan hubungan luar negeri. Asap yang timbul dari kebakaran lahan mencemari udara yang menyebabkan penyakit ISPA, transportasi terganggu sehingga distribusi barang dan mobilitas manusia terganggu, sekolah dilibuurkan dan claim negara tetangga yang terganggu dengan asap yang ter “eksport”.


Salah satu penyebab kebakaran lahan adalah kegiatan pembukaan lahan yang kurang bijaksana, yaitu dengan cara membakar lahan karena keterbatasan sumberdaya dan belum tersedia teknologi pembukaan lahan yang murah, mudah dan cepat. Kebakaran lahan akan lebih sulit dipadamkan pada lahan gambut. Luas lahan gambut di Kalimantan Tengah 3.010.640 ha (19,60%).

Upaya pemerintah untuk menghindari kebakaran lahan dilakukan dengan membuat kebijakan diantaranya UU No. 18 tahun 2004 tentang Perkebunan. SK. Dirjen Perkebunan No. 38 tahun 1995 tentang Petunjuk Teknis Pembukaan Lahan Tanpa Pembakaran untuk Pengembangan Perkebunan. Pedoman teknis tahun 2007: “Pedoman Teknis Pembukaan Lahan Tanpa Bakar”.

Pembukaan lahan tanpa bakar dapat dilakukan dengan cara manual dan mekanis ataupun semi mekanis. Pada acara ini disosialisasikan teknik pembukaan lahan tanpa bakar dengan menggunakan Traktor Mulcher oleh Disbun Provinsi Kalteng. Traktor bertipe JD.7525, kekuatan mesin 155 HP yang dilengkapi dengan alat pencacah kayu (mulcher) ini dapat menjadi salah satu solusi untuk pembukaan lahan tanpa bakar. Alat ini dapat menghancurkan gulma dan pohon dengan diameter max. 20 cm tanpa merusak top soil. Kinerja alat 8 jam/ha, lahan siap ditanamani.

Disbun Prov. Kalteng memperoleh bantuan Traktor Mulcher yang merupakan proyek ujicoba Ditjenbun dalam rangka menurunkan kebakaran lahan. Tahun 2010 ini, yang menjadi daerah ujicoba ini adalah Sumsel dan Kalteng. Selanjutnya akan dievaluasi apakah terjadi penurunan jumlah hot spot setelah adanya bantuan alat ini.

Rencananya Disbun Prov. Kalteng akan mendirikan semacam UPJA untuk mengelola penggunaan alat ini, driver/operator alat akan disediakan oleh UPJA . Petani yang memerlukan jasa pembukaan lahan dengan alat ini akan dikenakan biaya sewa dengan subsidi. Sedangkan perusahaan besar bayar penuh sesuai dengan perhitungan. Menurut Ditjenbun, jika hasil evaluasi menunjukkan alat ini dapat mengurangi hot spot, Ditjenbun akan memberikan tambahan bantuan alat tersebut.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com