Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Jum'at, 22 Agustus 2014
katam
banner3
cyber-ex
banner4
Uji Mesin
Serba-Serbi MKRPL
epetani

BPTP Kalteng Online

Link Website

Home >> Program Strategis >> PUAP
PUAP

Pada tahun 2008 Pemerintah daerah Kalimantan Tengah menggulirkan Program Membangun dan Menjaga Desa (Memangun dan Mahaga Lewu/PM2L).  Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Tengah bersama dengan dinas/intansi tingkat propinsi dan kabupaten diminta untuk berperan dalam program tersebut.

Pada tahun yang sama dimulai program pemberdayaan masyarakat mandiri di Kementerian Pertanian yaitu program  Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP).

Program PUAP merupakan program strategis Kementerian Pertanian untuk   meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat  tani. Tingkat kesejahteraan petani yang masih rendah, antara lain disebabkan  lemahnya akses terhadap permodalan, teknologi dan pasar, sehingga pendekatan pada program PUAP adalah memberikan bantuan penguatan modal kepada Gapoktan untuk mengembangkan agribisnis.

Elemen  pendukung  utama  program  Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan ( PUAP ) adalah bantuan modal usaha yang  harus digunakan untuk membiayai usaha ekonomi produktif baik secara individu maupun kelompok.  Usaha yang akan dibiayai dari dana PUAP adalah kegiatan usaha ekonomi keluarga petani baik yang terkait dengan pertanian maupun non pertanian sehingga dapat meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga petani.

Agar fasilitasi bantuan modal usaha program PUAP dapat mencapai sasaran, maka semua pihak yang terkait perlu melakukan pembinaan, pendampingan serta monitoring terhadap pelaksanaan program ini, terutama terhadap Gapoktan penerima BLM-PUAP. Kegiatan pendampingan PUAP adalah untuk meningkatkan kinerja Gapoktan dalam bentuk pendampingan inovasi teknologi dan inovasi kelembagaan tani.

Jumlah desa-gapoktan yang mendapat dana BLM PUAP  di Kalimantan Tengah dan yang memerlukan pendampingan dan pengawalan baik oleh Tim Teknis Kabupaten maupun Tim Pembina Provinsi sejak tahun 2008 sampai 2013 berjumlah 827 desa-gapoktan. Pendampingan dan pengawalan dilakukan oleh pihak-pihak terkait sesuai dengan tupoksinya masing-masing. Berdasarkan kebijakan pelaksanaan program PUAP, peran BPTP dalam program PUAP adalah sebagai Sekretaris Tim Pembina PUAP Propinsi sekaligus sebagai tempat sekretariat.

Sesuai dengan tupoksi BPTP, pendampingan Program PUAP dimaksudkan untuk menyampaikan teknologi dan informasi hasil Litkaji yang diperlukan untuk memecahkan masalah teknis pertanian, sosial budaya dan ekonomi serta kelembagaan petani.  Disamping itu diperlukan juga pengendalian manajemen untuk memudahkan dalam mengambil tindakan-tindakan korektif secara tepat dan cepat, sesuai dengan kehendak masyarakat di era reformasi ini, yang menuntut agar sistem penyelenggaraan pembangunan menerapkan prinsip-prinsip good governance. Kegiatan pengendalian menejemen ini dalam program PUAP berupa kegiatan supervisi.

Pendampingan program PUAP dimaksudkan untuk mengetahui perkembangan pelaksanaan mulai dari persiapan, pelaksanaan penyaluran bantuan modal usaha, pemanfaatan dana oleh petani/kelompok tani, permasalahan, kendala dan solusi. Hasil supervisi diharapkan dapat menfasilitasi keterbukaan dan penyediaan informasi penting yang dibutuhkan dalam proses pengambilan keputusan untuk perbaikan kinerja program Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) yang akan datang.

Beberapa fungsi kesekretariatan yang dilakukan BPTP antara lain : 1) Memfasilitasi komunikasi antar tingkat organisasi PUAP dari pusat sampai tingkat kabupaten, 2) Memfasilitasi administrasi tenaga Penyelia Mitra Tani (PMT), 3) Verifikasi dokumen Rencana Usaha Bersama dari Gapoktan calon penerima BLM-PUAP, 4) Pelaporan.





Joomla Templates by JoomlaVision.com