Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Jum'at, 25 Juli 2014
katam
banner3
cyber-ex
banner4
Serba-Serbi MKRPL
Uji Mesin
epetani

BPTP Kalteng Online

Link Website

Home >> Penelitian/Pengkajian >> Mekanisasi & Pasca Panen
PRIMATANI


SEKILAS TENTANG PRIMA TANI


Pertumbuhan penduduk yang begitu pesat pada awal orde baru, sementara sumberdaya lahan relatif tetap bahkan terbatas sehinggal marjinalisasi semakin mencuat dipedesaan. Indusri dan jasa yang tumbuh belum mampu mengakomodir berbagai perubahan maka desa-desa semakin tertinggal dan identik dengan kemiskinan. Program upaya pemberdayaan pedesaan menjadi mutlak untuk dilakukan. Departemen Pertanian telah meluncurkan Program Rintisan dan Akselerasi Pemasyarakatan Inovasi Teknologi Pertanian yang popular disebut PRIMA TANI.

Program ini dimulai sejak tahun 2005 pada 22 lokasi/desa dalam 14 provinsi, pada tahun 2006 diperluas ke 11 lokasi/desa pada 11 Propinsi dan di tahun 2007 dilaksanakan di 33 provinsi tersebar di 201 lokasi/desa pada 200 kabupaten/kota. PRIMA TANI direncanakan dan diimplementasikan secara partisipatif dengan sisten BOT (Build – Operate – Transfer). Pendekatan yang digunakan dalam pelaksanaan PRIMA TANI yaitu agro-ekosistem, Agribisnis, wilayah, kelembagaan, perberdayaan masyarakat secara partisipatif.

Tahapan pelaksanaan diawali dengan :

  1. Penentuan lokasi berdasarkan kesepakatan bersama antara masyarakat tani, Pemda dan Departemen Pertanian
  2. Kemudian ditindak lanjuti dengan survey dan pemetaan Sumberdaya Lahan
  3. Pemahaman Pedesaan secara Partisipatif (PRA).
  4. Menyusun Rancang Bangun Laboratorium Agribisnis, yang mana akan menjadi panduan untuk :
  5. Pelaksanaan dan implementasi teknologi dan kelembagaan AIP secara partisipatif, oleh semua pemangku kepentingan pembangunan pertanian.

Kalimantan Tengah saat ini memiliki 6 lokasi/desa yang tersebar di 5 Kabupaten, yaitu Kabupaten Kapuas ada 2 lokasi (Dadahup dan Lamunti), Kabupaten Pulang Pisau di Desa Gandang, Kabupaten Kotawaringin Timur di Desa Bapeang dan Kabupaten Kotawaringin Barat di Desa Kumpai Batu Bawah dan Desa Rodok di Kabupaten Barito Timur. Dimasing-masing lokasi dikembangkan berbagai komoditas pertanian unggulan yang kemudian diharapkan akan tercipta Agribisnis Industri Pedesaan (AIP) dan Sistem Usahatani Intensifikasi dan Diversifikasi (SUID).

Manfaatnya :

  1. Muatan inovasi baru dalam sistem dan usaha agribisnis.
  2. Efisiensi sistem produksi, perdagangan, konsumsi; dan
  3. Akuntabilitas Deptan dalam pembangunan pertanian.

Strategi Prima Tani

Menerapkan Teknologi Tepat Guna Membangun model percontohan agribisnis progresif berbasis teknologi inovatif Mendorong proses difusi dan replikasi model percontohan teknologi inovatifMenyelaraskan dan mensinergikan program-program lingkup Deptan di lokasiPrima TaniMenggunakan pendekatan Partisipatif

Pendekatan Prima Tani

Pendekatan Agribisnis mengacu pada pendekatan Agroekosistem (1. Sawah 2. Lahan Kering 3. Lahan Rawa)
Pendekatan Wilayah
Pendekatan Kelembagaan Pemberdayaan Masyarakat.









Joomla Templates by JoomlaVision.com